Mengenal Tiang PJU – dari Kegunaan hingga Proses Pemasangan

jenis jenis solar industri
Mengenal Jenis-Jenis Solar-Solar Industri Surabaya
Februari 7, 2020
jual ball mill murah berkualitas
Jual Ball Mill Murah Berkualitas – PT Zutkatta Solusi
Maret 30, 2020
tiang pju

Mengenal Tiang PJU – dari Kegunaan hingga Proses Pemasangan

Produsen Tiang PJU – Lampu jalan atau yang biasa disebut dengan Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan salah satu fasilitas umum bagi masyarakat. Keberadaannya sangat diperlukan terutama pada waktu kurangnya cahaya dan malam hari.

Penerangan lampu untuk jalan umum berguna untuk mengurangi adanya kecelakaan akibat kurangnya penerangan, mengurangi adanya tindak kejahatan di malam hari terutama di jalan-jalan yang sepi dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

Manfaat Tiang PJU

Berikut beberapa manfaat tiang PJU, di antaranya:

  1. Dapat menambah kesan indah serta memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan
  2. Meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan
  3. Mencegah tindak kriminalitas di malam hari
  4. Sebagai media komersial, misalnya sebagai media penempatan iklan di jalan
  5. Memberikan penerangan bagi para pengguna jalan
  6. Membantu navigasi para pengguna jalan

Tiang PJU sebenarnya merupakan salah satu bagian dari bangunan pelengkap jalan. Tiang lampu tersebut dapat dipasang di kanan, kiri atau bahkan di tengah dan di median jalan. Gunanya sebagai sarana penerangan jalan maupun lingkungan di sekitar jalanan. Beberapa jalan seperti persimpangan jalan, jembatan, jalan bawah tanah, jalan layang dan jalan lainnya membutuhkan penerangan di malam hari dengan lampu tambahan.

Penggunaan tiang penyangga lampu penerangan jalan umum (PJU) yang dibuat dengan bahan-bahan tertentu seperti besi dan baja seamless merupakan elemen penting dalam menunjang berbagai kegiatan di malam hari.

Berikut ini merupakan bahan-bahan dasar dalam tiang lampu :

  • Besi Baja

Plat besi baja yang dalam prosesnya akan dipotong dan disesuaikan dengan diameter standar tinggi merupakan salah satu bahan yang paling lumrah digunakan. Bahan jenis ini terkenal kuat dan awet serta tahan korosi dan karat.

  • Logam Pipa

Tiang Pju dekoratif dan klasik merupakan jenis tiang yang menggunakan logam pipa. Bahan dari logam pipa ini cenderung lebih ringan dan mudah dibentuk sesuai keinginan.

  • Pipa Besi Bulat

Seringkali penggunaan bahan dasar ini dikombinasikan dengan FRP dan pondasi baseplate dengan lubang baut. Kap lampu menggunakan FRP komposit atau kombinasi bahan logam. Tiang lampu dengan pipa besi bulat seringkali digunakan pada jenis lampu antik.

Selain sebagai tiang penyangga lampu penerangan jalan tiang ini juga dapat digunakan sebagai :

  • Tiang lampu panel surya
  • Tiang lampu spotlight
  • Tiang CCTV
  • Tiang jaringan telekomunikasi
  • Tiang instalasi listrik
  • Rambu petunjuk jalan dan Traffic Light
  • Tiang Penangngkal petir

Komponen Tiang PJU

Lampu penerangan jalan umum dimaksudkan adalah satu unit lengkap, dimana terdiri dari sumber cahaya yang berasal dari lampu atau luminer, elemen optik seperti pemantul, penyebar maupun pembias cahaya, elemen kelistrikan seperti konektor ke power supply dan lainnya. Tidak ketinggalan adalah struktur penopang lampu penerangan jalan yakni lengan penopang. Tiang penopang vertikal dan pondasi dari tiang tersebut.

Jenis-jenis Tiang PJU

Hal yang terpenting ketika hendak membangun lampu penerangan jalan adalah perencanaan. Hal tersebut karena membangun lampu penerangan jalan membutuhkan perencanaan yang matang. Salah satunya adalah penyesuaian bentuk tiang lampu itu sendiri. Ada banyak bentuk tiang penyangga lampu penerangan jalan umum. Hal tersebut dilihat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan. Berikut beberapa jenis tiang lampu penerangan jalanan umum yang bisa dijadikan referensi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang membutuhkan penerangan.

  1. Tiang PJU High Mast (High Mast Lighting)
tiang PJU high mast

Tiang PJU High Mast (High Mast Lighting) merupakan salah satu jenis tiang yang sangat cocok digunakan untuk pencahayaan yang lebih luas, misalnya untuk dipasang di lapangan, bandara, dermaga, tempat parker dan lain sebagainya.

  1. Tiang PJU Octagonal
tiang PJU oktagonal

Tiang yang satu ini sering disebut tiang general purpose. Hal tersebut karena umumnya digunakan sebagai lampu sorot. Tiang octagonal biasanya digunakan untuk jalanan yang luas dan di tempat-tempat terbuka seperti tempat olahraga, lapangan dan semacamnya. Tiang PJU octagonal memiliki tinggi mulai dari 4,5 meter hingga 35 meter dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Tiang PJU Hexagonal
tiang PJU hexagonal

Selain tiang octagonal dan tiang lampu led 30 watt high mast ada juga jenis tiang hexagonal, dekoratif, bulat atau konvensional. Pemilihan jenis tiang ini tentu harus diperhitungan terlebih dahulu dan direncanakan sesuai dengan kebutuhan jalan.

  1. Tiang PJU Bulat
tiang PJU bulat

Tiang jenis termasuk je bentuk tiang lampu jalan yang sudah cukup lama sering digunakan. Ketinggiannya bisa mencapai hingga 13 meter. Tiang PJU Bulat diproduksi mulai dari membentuk tiang pju bulat dari plat besi roll, dilas dan dicelup kedalam timah galvanis.

Proses Pembuatan Tiang PJU

Agar mencapai hasil yang maksimal, maka proses pembuatan tiang lampu PJU pun harus dilakukan dengan metode dan teknik yang tidak boleh sembarangan. Pembuatan tiang lampu umum ini juga harus dilakukan oleh tenaga profesional yang ahli di bidangnya dan berpengelaman. Yang sudah mengetahui bagaimana teknik-teknik terbaiknya.

Berikut langkah-langkah proses pembuatan tiang lampu PJU.

  1. Penentuan desain

Hal yang paling awal dilakukan adalah desain. Penentuan desain bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Hal ini bisa dipertimbangkan dari bagaimana tiang tersebut akan digunakan atau di mana penempatannya. Apakah akan dipasang di jalan raya atau umum, taman, pedesaan, persawahan, atau lainnya.

Selain itu juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penerangan yang diperlukan. Seberapa luas jangkauannya bisa menjadi penentu ukuran tiang, jenis lampu, dan lainnya.

Umumnya tiang didesain dengan ukuran 7 meter yang pemasangan di tiap sisinya sesuai dengan seberapa luas jangkauan penyebaran cahaya yang dihasilkan lampu.

  1. Pemilihan bahan

Setelah menentukan bagaimana desainnya, tentu hal selanjutnya adalah memilih dan mempersiapkan bahan-bahannya.

Bahan utama dari tiang lampu PJU sendiri yaitu besi. Meski ada beberapa yang menggunakan kayu atau stainless, tetapi besi lebih banyak digunakan. Karena sifatnya yang kokoh mampu menopang tiang yang tinggi. Namun jika Anda menginginkan tiang PJU yang awet anti karat, Anda bisa melapisinya dengan bahan stainless.

Dalam pemilihan bahan ini juga kita harus benar-benar jeli memilihnya. Bagaimana kualitasnya sangat mempengaruhi umur tiang dan fungsinya. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah, tetapi kualitas abal-abal. Anda bisa menentukan sendiri bahannya, atau berkonsultasi dengan ahlinya.

  1. Proses pembuatan

Inilah puncak prosesnya, yaitu pembuatan tiang lampu PJU itu sendiri. Proses pembuatan ini bisa berupa perakitan bahan yang telah dipersiapkan hingga finishing. Lebih tepatnya seperti pembentukan besi baja plat membentuk jenis tiang yang dipilih. Kemudian perakitan dilakukan dengan metode las.

Durasi proses pembuatan tergantung jenis tiang dan tingkat kesulitannya. Bisa lama, bisa juga cepat.

Tetapi proses yang cukup lama pun bisa disebabkan karena tenaga pembuat tiang PJU mengutamakan kualitas tiang supaya hasil diperoleh bisa maksimal. Sementara proses yang cepat bisa dikarenakan memang kinerja tukang pembuatnya sudah ahli dan cekatan.

Proses akhir dari pembuatan adalah dengan melakukan hot dip galvanizing. Yaitu melapisi tiang dengan material galvanizing supaya mampu memproteksi tiang dari korosi.

  1. Proses finishing

Finishing pada proses pembuatan tiang lampu PJU yaitu proses pengecatan. Warna juga bisa sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan. Kembali lagi, hal ini bisa dipertimbangkan dari bagaimana tiang ini akan digunakan.

Pemilihan warna yang sesuai, jelas akan menambah keindahan pada penampilan lampu. Jadi tak hanya berfungsi sebagai penerang jalan, ada baiknya Anda juga perlu memperhatikan bagaimana penampilan tiang lampu tersebut.

Pemasangan Tiang PJU

Sama halnya dalam proses pembuatan, pemasangan tiang PJU pun tidak boleh sembarang. Ada teknik dan aturan khususnya. Perlu ketelitian, ketepatan, dan keahlian supaya tiang bisa terpasang dengan baik dan berfungsi dengan efisien.

Hal ini juga memerlukan seorang tenaga ahli khusus di bidang ini, yang tentunya sudah terlatih dan berpengalaman dalam waktu yang lama sampai paham betul mengenai metodenya. Pasalnya, lampu penerangan jalan umum dinikmati oleh khalayak umum, hampir semua orang merasakan manfaatnya. Jadi jika tiang tidak dipasang dengan benar dan tepat, tiang PJU mungkin justru akan merugikan banyak orang.

Namun sebelum pemasangan tiang PJU benar-benar terlaksana, kita juga perlu mempersiapkan beberapa hal yang tak boleh terlewatkan. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pemasangan tiang lampu PJU.

  1. Penentuan jenis tiang PJU

Sebelum memasang tiang lampu, sebaiknya Anda pastikan dahulu jenis tiang PJU apa yang hendak dipasang. Karena untuk tiap jenisnya memiliki langkah yang berbeda, terutama dalam hal perizinan pemasangan.

Jadi, ada 2 jenis utama tiang PJU, yaitu PJU PLN dan PJU Tenaga Surya. PJU PLN yaitu tiang PJU yang disediakan oleh pemerintah dengan menggunakan listrik PLN, sementara PJU Tenaga Surya biasanya disediakan mandiri oleh masyarakat dengan menggunakan tenaga surya.

  1. Perizinan pemasangan

Terkhusus yang ingin memasang PJU PLN harus mengurus izin ke pemerintah desa hingga ke pemerintah kabupaten atau kota. Sebab, pemerintahlah yang akan mendanai semua pembiayaan pemasangan tiang PJU.

Terutama jika Anda ingin melakukan pemasangan PJU PLN mandiri, Anda harus meminta izin kepada pemerintah, jika tidak, maka pemasangan PJU akan dianggap ilegal dan termasuk pencurian listrik PLN.

Sementara bagi yang ingin memasang PJU Tenaga Surya, Anda bisa melakukan pemasangan PJU secara swadaya bersama masyarakat sekitar. Karena pembiayaan juga akan ditanggung sendiri.

  1. Survei lokasi pemasangan PJU

Ketika kita telah menentukan lokasi pemasangan, kita perlu untuk menyurveinya guna memastikan kesesuaian lokasi dengan desain PJU yang dibuat. Hal ini juga berkaitan dengan penghitungan bagaimana jarak PJU yang satu dengan yang lainnya yang hendak dipasang.

  1. Persiapan SDM, material, dan peralatan

Setelah mengurus perizinan dengan pemerintah, selanjutnya ialah teknisi, material, dan peralatan yang diperlukan. Tanpa mereka, pemasangan tidak akan bisa terlaksana. Tentu harus memperhatikan bagaimana kualitasnya.

Pastikan bahwa teknisi benar-benar telah ahli dan profesional di bidangnya. Sebab ini menyangkut pemasangan fasilitas atau sarana umum yang harus dilakukan dengan sangat baik.

Kebutuhan material dan perangkat yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Lampu induksi lengkap 80 watt, 120 watt
  • Kabel jaringan LVTC 3 x 10 mm
  • Box panel distribusi
  • Elektronik Timer-Kontaktor
  • Tiang tujuh meter, tanpa stang atau dengan stang.
  • Ground rod 16 mm dan steel wire guy.
  • Tiang 11 (sebelas) meter,
  • Stang lengkung diameter 2 inch sepanjang 1 – 4 meter
  • Bracket J4
  • MCB 20 ampere dan kelengkapan isi box panel
  • Material instalasi

Setelah melakukan persiapan-persiapan tersebut, barulah dilaksanakan proses pemasangan PJU tersebut. Pemasangan PJU juga memiliki beberapa metode. Umumnya, pemasangan PJU terdapat 2 cara, yaitu :

  1. Under Ground (kabel bawah tanah)
  • Pemasangan menggunakan metode ini harus mengikuti ketentuan pemasangan kabel tanah sesuai dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000).
  • Kabel jenis NYY perlu diberi pelindung berupa pipa atau pasir dan batu bata, atau lainnya ketika ditanam. Tetapi penanaman kabel ini tidak dianjurkan untuk dipasang di daerah yang memiliki tekanan besar seperti penyeberangan jalan, perempatan, atau pertigaan jalan.
  • Kabel jenis NYFGBI tidak perlu diberi pelindung ketika ditanam di tanah, karena sudah dilengkapi dengan pelindung sendiri berupa lapisan baja. Dan bisa dipasang di mana saja karena tahan dengan tekanan yang besar sekalipun.
  • NYM bukanlah jenis kabel yang digunakan untuk metode ini, untuk itu, jangan gunakan kabel ini jika memilih metode kabel bawah tanah.
  1. Metode kabel udara
  • Proses pemasangan harus mengikuti prosedur yang sesuai dengan ketentuan dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000).
  • Di dalam PUIL, ada beberapa jenis kabel yang bisa digunakan untuk metode kabel udara, meliputi NFY, NFAY, NF2X, NFA2X, dan lain-lain. Adapun yang paling sering digunakan yaitu TC (Twistet Cable).

Pada umumnya tiang PJU memiliki 4 tipe yaitu :

  • Single Angel
  • Single Parabola
  • Double Parabola
  • Double Angel
tipe tiang PJU

PT Zut Katta Solusi jual semua jenis dan type tiang PJU berbagai ukuran dan spesifikasi tinggi tertentu.  Menerima custom sesuai pesanan atau dengan spesifikasi sebagai berikut ;

  • H6, Ø Tiang 4,5″, Plat Dasar 30 X 30 cm, Ø Angker 16 mm
  • H7, Ø Tiang 4,5″, Plat Dasar 30 X 30 cm, Ø Angker 16 mm
  • H8, Ø Tiang 5″, Plat Dasar 30 X 30 cm, Ø Angker 19 mm
  • H9, Ø Tiang 5″, Plat Dasar 30 X 30 cm, Ø Angker 19 mm
  • H10, Ø Tiang 5,5″, Plat Dasar 30 X 30 cm, Ø Angker 19 mm
  • H11, Ø Tiang 5,5″, Plat Dasar 30 X 30 cm, Ø Angker 19 mm
  • H12, Ø Tiang 6″, Plat Dasar 40 X 40 cm, Ø Angker 22 mm
  • H13, Ø Tiang 6″, Plat Dasar 40 X 40 cm, Ø Angker 22 mm

Untuk mendapatkan Tiang lampu yang berkualitas dapat diperoleh di PT Zut Katta Solusi. PT Zut Katta Solusi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pengecoran logam dan produsen Tiang PJU.

tiang pju murah

Selain itu, PT Zut Katta Solusi juga memproduksi peralatan yang terkait dengan mesin industri maupun sparepart.  PT Zut Katta Solusi menjual dan memproduksi produk dalam negeri untuk mengembangkan perusahaan-perusahaan industri yang menggunakan pengecoran tempa logam.

PT Zut Katta Solusi

: 0821 4205 2257

: 03160018764

: BUMI MANDIRI TOWER LEVEL 12 JL. PANGLIMA SUDIRMAN KAV 66-68 EMBONG KALIASIN KOTA SURABAYA, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

TELEPHONE